Arab Saudi Dukung Indonesia Kembali Menjadi Anggota OPEC

JUM’AT, 05 JUNI 2015 10:29 WIB
VIENNA, AUSTRIA – Pemerintah Indonesia menyatakan keinginannya untuk kembali menjadi anggota penuh Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC). Sejak tahun 2009 hingga saat ini status Indonesia adalah suspended. Seluruh negara anggota-anggota OPEC, termasuk Arab Saudi, menyatakan dukungannya jika Indonesia kembali menjadi anggota penuh OPEC, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam pendirian dan pengembangan OPEC, demikian diungkapkan Ketua Delegasi Indonesia, Menteri ESDM, Sudirman Said. Jumat (5/6).Dukungan tersebut diungkapkan secara langsung Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al-Naimi dalam bilateral meeting antara delegasi Indonesia dengan Arab Saudi. “Delegasi Pemerintah Arab Saudi mengapresiasi dan sangat mendukung keputusan Pemerintah Indonesia yang berkeinginan untuk kembali menjadi anggota OPEC. Karena Indonesia merupakan merupakan salah satu pendiri OPEC”, ungkap Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al-Naimi.

Masih dalam pertemuan tersebut, delegasi Arab Saudi menyatakan akan mendorong National Oil Company (NOC) Arab Saudi (Saudi Aramco) secara profesional untuk berinvestasi dalam pembangunan kilang di Indonesia. Ini dilakukan guna menjamin kontinuitas pasokan jangka panjang bagi Indonesia sebagai konsumen dan Arab Saudi sebagai produsen.

“Arab Saudi merupakan pemasok terbesar minyak mentah untuk Indonesia. Pada tahun 2014 yang lalu, Arab Saudi memasok hingga 40 juta barel. Karenanya dukungan dan kerjasama dengan Arab Saudi memiliki peran yang sangat strategis bagi Indonesia,” tutur Menteri ESDM. (SF)

Sumber : http://www.esdm.go.id/berita/opec/41-opec/7362-arab-saudi-dukung-indonesia-kembali-menjadi-anggota-opec.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *