UEA Tawarkan Pembelian BBM dan Minyak Mentah Secara Langsung

JUM’AT, 05 JUNI 2015 13:50 WIB
VIENNA, AUSTRIA – Menyusul Pemerintah Arab Saudi, Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) juga menawarkan kerjasama dalam pengadaan minyak mentah untuk Indonesia. Pemerintah UEA menawarkan pembelian minyak mentah dan BBM dengan skema pembelian langsung antar National Oil Company (NOC)  tanpa perantara. Penawaran tersebut  diungkapkan secara langsung oleh Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail Al Mazroui dalam pertemuan bilateral dengan delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said.Disela-sela pertemuan 6th International OPEC Seminar di Hofburg Palace, Vienna, Austria, delegasi Indonesia melakukan pertemuan dengan beberapa negara untuk menjajagi kerjasama di bidang migas, antara lain dengan Pemerintah UEA. “Pertemuan dengan Pemerintah UEA menghasilkan kerjasama migas dibidang hulu maupun hilir,” ujar Sudirman Said dari Vienna (5/6).

Delegasi Pemerintah UEA yang dipimpin oleh Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail Al Mazroui, menyatakan pada sisi hulu akan membuka peluang berinvestasi melalui NOC negara tersebut yakni Mubadala Petroleum untuk mengoperasikan blok-blok migas di Indonesia. Sementara pada sisi hilir, pemerintah UEA menawarkan pasokan minyak mentah dan BBM dengan skema pembelian langsung antar NOC tanpa perantara serta investasi untuk pembangunan kilang minyak, tambah Sudirman.

Kerjasama dengan negara-negara OPEC merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk terus memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri, terutama kepentingan jangka panjang terkait pengamanan pasokan BBM secara langsung. Selain melakukan pertemuan dengan Pemerintah UEA, delegasi Indonesia juga melakukan pertemuan dengan Menteri-Menteri dari negara Saudi Arabia, Kuwait, Irak, Iran, Angola, dan Uni Emirat Arab. “Pertemuan-pertemuan tersebut mendapatkan hasil yang positif, yakni negara-negara tersebut menyatakan dukungan untuk membuka peluang berinvestasi di sektor migas,” lanjut Sudirman. (SF)

Sumber : http://www.esdm.go.id/berita/opec/41-opec/7363-uea-tawarkan-pembelian-bbm-dan-minyak-mentah-secara-langsung.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *